CV Rencong Mas merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha penyedia jasa transportasi darat. Rute trayek yang dilayani melintasi antar kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh. CV Rencong Mas berupaya memberikan pelayanan prima kepada konsumennya, namun perusahaan masih menerapkan sistem informasi secara manual. Penerapan sistem aplikasi online dibutuhkan untuk membantu aktivitas CV Rencong Mas dalam melayani konsumennya agar lebih efektif dan efisien. Untuk itu, sistem aplikasi secara online perlu diterapkan untuk memudahkan kegiatan perusahaan sehari-hari. Dari hasil pengamatan terhadap kebutuhan tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi tiket online berbasis Android. Penerapan aplikasi tersebut dilakukan untuk menguji keakuratan aplikasi dan ketertarikan penumpang untuk memesan tiket dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengujian tersebut menggunakan metode Blackbox. Sistem aplikasi dirancang dengan menggunakan Android Studio sebagai media pembuatannya dengan bahasa pemrograman Java, SQL sebagai database penyimpanan data dan kemudian diimplementasikan ke smartphone berbasis Android. Hasil pengujian menunjukkan sistem aplikasi pemesanan tiket online dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dan para konsumen lebih mudah untuk memesan maupun membayar tiket angkutan CV Rencong Mas.
Sistem Aplikasi, Tiket, Smartphone, Android, Android Studio, SQL
2017
Multyaningsih, E. (2011). Metodologi Penelitian Terapan Bidang. Bandung: Alfabeta.