Latar Belakang; Penyebab kematian maternal merupakan suatu hal yang cukup komplek, salah satunya adalah pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat besar yaitu kurangnya kemudahan untuk pelayanan maternal, asuhan medik yang kurang baik dan kurangnya kemudahan untuk pelayanan maternal, asuhan medik yang kurang baik dan kurangnya tenaga terlatih serta obat-obat penyelamat jiwa. Berdasarkan hasil dan observasi yang peneliti dapat pada saat melakukan praktik di Rumah Sakit Umum Sigli, banyak ibu postpartum yang tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan setelah melahirkan, terutama pada saat 2jam postpartum. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan pelayanan 2 jam pertama postpartum dan tingkat kepuasan ibu di RSUD TGK. Chik di Tiro Sigli Kabupaten Pidie Tahun 2014. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik dimana penelitian menggunakan pendekatan croos sectional dengan Populasi seluruh ibu postpartum yang berada pada ruangan bersalin di RSUD TGK. Chik di Tiro Sigli cara pengambilan sampel dengan rumus Accidental Sampling yang dikemukakan oleh Lameshow dan didapatkan jumlah sampel 43 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan pada tangal 23-30 juni 2014. Analisa univariat dan bivariat menggunakan uji chi square memakai program spss 16. Hasil Penelitian; Didapatkan bahwa dari 22 responden yang menyatakan baik terhadap pelayanan 2 jam pertama postpartum ternyata 17 orang (77,3%) menyatakan puas, sedangkan dari 21 responden yang menyatakan pelayanan kurang ternyata 12 orang (57,1%) menyatakan tidak puas. Kesimpulan: Ada hubungan pelayanan 2 jam pertama postpartum dengan kepuasan ibu di di RSUD TGK. Chik di Tiro Sigli Kabupaten Pidie Tahun 2014. Saran : Hendaknya bidan memberikan pelayanan kepada pasien untuk memberikan kepuasan pasien dan memberikan pelayanan sesuai standard dan kode etik, serta dapat memuaskan pasien. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti variabel lain tentang kepuasan pasien.
Pelayanan, 2 Jam, Postpartum, Kepuasan, Pasien
2014
BKKBN, http//survey Demograsi Kesehatan Indonesia.com
Depkes RI, (2007). Asuhan Persalinan Normal, Jakarta.
Depkes. (2006). Buku I Standar Pelayanan Kebidanan. Jakarta
Elvira D.S, (2006). Depresi Pasca Persalinan, FKUI, Jakarta
Erlina, (2009). Pedoman Asuhan Persalinan Normal, dikutip dan http://ku1iah Bidan. Wordpress.com.
Hasselquist.B.M. (2006). Tata Laksana Ibu Dan Bayi Pasca Kelahiran, Prestasi Pustaka Publiser
http://chantiqueen-home.blogspot.com/2011/10/ketidakpuasan-pasien-terhadappelayanan.html
http://tembakda.blogspot.com/2013/12/kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan.html IBI, (2005). Standar Pelayanaan Kebidanan. Jakarta,
Maimunah S. (2005). Kamus Istilah Kebidanan, EGC, Jakarta
Moleong J, (2005). Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung
Notoatmodjo, S, (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
_________ S, (2006). Pendidikan dan Prilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Rohani, Dkk, (2011). Asuhan Kebidanan Pada Masa Persalinan, Salemba Medika, Jakarta
Saifuddin, B.A, (2008). Ilmu Kebidanan, Bp-Sp, Jakarta
Sofyan, M. (2006). Bidan Menyongsong Masa Depan, PP IBI, Jakarta
Sugiono, (2007). Statistika Untuk Penelitian, Alfabet, Jakarta
Sumarah, (2009). Perawatan lint Bersalin, Fitramaya, Yogyakarta.
Surjadi, (2001). Biaya atau Kepuasan Pasien. http://persepsi.co.id.dikutip tanggal 28 Januari 2012.
Varney H, Dkk (2007). Buku Ajar Asuhan Kebidanan, EGC, Jakarta
Wiknjosastro, H. (2005). Ilmu Kebidanan, YBP-SP, Jakarta