Latar Belakang : Pendidikan adalah suatu proses yang unsur-unsurnya terdiri dari masukan (input), yaitu sasaran pendidikan, dan keluaran (output) yaitu suatu bentuk perilaku baru atau kemampuan baru dari sasaran pendidikan. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa D-III Kebidanan U達udiyah Banda Aceh Tahun 2014. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat analitik dengan populasi 282 orang., sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Simple random sampling. Cara pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner, Penelitian ini telah di laksanakan di STIKes U達udiyah Banda Aceh Pada tanggal 8 s/d 10 Februari 2014 Hasil Penelitian: Hasil uji chi square menunjukkan bahwa variable independen yang berhubungan dengan motivasi belajar adalah Dukungan Keluarga dari dari 45 responden yang tidak mendapat dukungan keluarga dengan motivasi belajar tinggi sebanyak 25 responden (55.7%) dengan P Value = 0.034, Dosen dari 52 responden dosen tidak mempengaruhi dengan motivasi belajar rendah sebanyak 39 responden (75.0%) dengan P Value = 0.000, Lingkungan dari 48 responden lingkungan tidak mendukung dengan motivasi belajar rendah sebanyak 32 responden (66.7%) dengan P Value = 0.016 Kesimpulan dan Saran :Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga, dosen dan lingkungan ada hubungan dengan motivasi belajar. Diharapkan untuk dapat menambah dan wawasan dalam motivasi belajar.
Motivasi Belajar, Dukungan Keluarga, Dosen dan Lingkungan
2014
A. Anwar Prabu, (2009). Metedologi riset. Jakarta. Abadi.
Arikunto, S. (2006).Prosedurpenelitiansuatupendekatanpraktik, Jakarta: RinekaCipta
Budiarto, (2004). Biostatistik untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat.Jakarta, EGC
Data STIKes UBudiyah (2013)
Handayani, (2010). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Minat Dan Motivasi BelajarDengan Prestasi Belajar, Jurnal Keperawatan, Vol. 1 No. 1, Jakarta.
Khuzaiyah, (2011). Memahami Lebih Jauh Tentang Motivasi Belajar,http://ukht.wordpress.com, Diakses Pada Tanggal 5 November 2013.
Leidecker, (2011). Faktor Faktor Motivation. http://www. leidecker. info, id. Diakses tanggal 9Desember2013
M. Sardiman, 2005, InteraksidanMotivasiBelajarMengajar, Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Martini, 2011, Lingkungan Belajar Berkualitas, http://martinis 1960. wordpress.com/2011/02/04/lingkungan-belajar-berkualitas/, Tanggal 21 November 2013.
Muhibbin, (2005). Psikologi Belajar, Rajawali Pers, Jakarta.
Nasrul, 2010, Lingkungan Pembelajaran,Referensiparamedis.blogspot.com/, Tanggal 21 Okteber 2013
Notoatmodjo S. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta, Jakarta.
Notoatmodjo, S, 2007, IlmuKesehatanMasyarakatJakarta: RinekaCipta
Nursalam, (2008). Manajemen Keperawatan, Aplikasi Dalam PraktikKeperawatan Profesional, Jakarta, Salemba Medika.
Nursalam, (2011).KonsepdanPenerapanMetodologiPenelitianIlmuKeperawatan, Jakarta: SelembaMedika
Prasetyo, Bagus, (2011). Evolusi Teori Manajemen. http://www.bagus-bagus pasetyo .nlogspot.com. di akses tanggal 9.12.2013
Sanjaya,2010,Materi Belajar Dan Pembelajaran,http://rumahradhen.wordpress.com/materi-ajar/materibelajar-danpembelajaran/, Tanggal 21 Juli 2013
SoekidjoNotoatmodjo, (2010). MetodologiPenelitianKesehatan, Jakarta: RinekaCipta
Stoner, (2005). Landasan Teori Dan Kerangka Berfikir. http: //library.binus .ac.id diakses tanggal 5.12.2013
Sunaryo, 2005, Psikologi Keperawatan, EGC, Jakarta.
Supardi, (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Dan Pembelajaran, http://ningningocha.wordpress.com, Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2013.
Syafitri, (2011).Motivasi.http://www.safitrifpsi10. web.unair.ac.id.diakses tanggal 7.Desember.2013