SKRIPSI
Judul
PEMBUATAN MEDIA PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MAGIC BOOK
Pengarang
Ardiansyah
Abstract

Augmented Reality berkembang sangat pesat. Augmented Reality merupakan upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer, sehingga batas antara kedua menjadi sangat tipis. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi layar yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan pelacakan yang efektif. Media pengenalan perangkat keras komputer ini di buat berdasarkan penelitian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lampeuneurut. Karena pembelajaran tentang perangkat keras di SMPN 1 Lampeuneurut masih menggunakan alat peraga dan media-media yang kurang efektif dan interaktif. Pengunaan buku pengenalan perangkat keras komputer di dukung dengan media webcam. Secara garis besar, proses ini dengan membaca gambar penanda secara otomatis ditangkap oleh kamera, kamera akan mendeteksi penanda dan akan dibandingkan dengan gambar yang telah menjadi penanda referensi. Kemudian, ketika penanda akrab, objek 3D ditampilkan pada layar monitor. Aplikasi ini dibuat dengan metode pendeteksian pola (marker detection) yang dikembangkan menjadi sebuah aplikasi yang nyata dan menarik (Augmented Reality). Hal ini dapat diterapkan secara luas di berbagai media. Misalnya, dalam buku cetak pengenalan perangkat keras komputer Magic Book.

Keyword

Magic Book, Augmented Reality, Perangkat Keras Komputer

Tahun Terbit

2014

Referensi

Andriyadi, Anggi. 2012. Augmented Reality With ARToolkit Jakarta: NulisBuku.com
Agustina T, Maria. 2011. Adobe Phothoshop CS5 untuk Studio Foto Digital. Yogyakarta: Andi
Azuma, Ronald T. (August 1997). "A Survey of Augmented Reality". Presence: Teleoperators and Virtual Environments
Billinghurst, Mark., Kato, Hirokazu., Poupyrev, Ivan., 2001 : The MagicBook: a Transitional AR Interface. Pergamon
Kipper, Greg., Rampolla, Joseph. 2013. "Augmented Reality: An Emerging Technologies Guide to AR". USA: Syngress
Kato, Hirokazu., Billinghurst, Mark., Poupyrev, Ivan., 2000, ARToolKit version 2.33: A software library
Soma, Aria, Hari. 2007. Dasar-Dasar Modeling dan Animasi dengan 3ds Max. Jakarta: Salemba Infotek

Baca Online
XML Dokumen



© Universitas Ubudiyah Indonesia 2025