Kota Banda Aceh termasuk ke dalam kategori kota besar yang ada di Aceh dan banyak terdapat lokasi wisata, seperti Mesjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Blang Padang, Taman Sari dan sebagainya. Sebagai wisatawan tentunya mereka akan mengunjungi lokasi wisata tersebut selagi mereka berada di Banda Aceh, dengan banyaknya pertimbangan untuk menuju ke lokasi tersebut serta mempercepat pencarian jalur terpendeknya maka dibutuhkanlah aplikasi penelusuran jalur terpendek yang dikemas dalam bentuk multimedia dengan memanfaatkan flash sebagai media dasar untuk pembuatan aplikasi. Dalam proses perancangan aplikasi ini digunakan metode observasi dan studi literatur atau metode kepustakaan. Data yang diperoleh yaitu dari beberapa buku dan situs-situs internet yang khusus berisi informasi tentang lokasi wisata yang ada di Banda Aceh. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman ActionScript yang digunakan untuk mengontrol objek di flash, membuat navigasi dan elemen interaktif lain, serta membuat movie flash yang interaktif. Aplikasi yang dirancang mampu menampilkan jalur terpendek dari lokasi yang diinginkan oleh para wisatawan serta informasi dari tempat wisata tersebut dan diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para wisatawan atau user dalam mencari jalur terpendek dari lokasi wisata yang inginkan.
aplikasi, multimedia, flash, ActionScript
2014
Anonymous. 2012. Pengertian Dasar Animasi. [Online]. Tersedia: http:// bagussugihharno. blogspot.com/2012/09/pengertian-dasar-animasi.html. (diakses pada tanggal 4 Des 2013).
Anonymous. 2013. Panduan Wisata Banda Aceh. [Online] Tersedia: http://www.utiket. com/id/obyek-wisata/banda_aceh/panduan-wisatabanda_aceh.html. (diakses pada tanggal 4 Des 2013).
Anonymous. 2013. Penjelasan dan Fungsi XAMPP. [Online] Tersedia: http://solylight.blogspot.com/2013/03/penjelasan-dan-fungsi-xampp.html. (diakses pada tanggal 9 Feb 2014).
Aroengbinang. 2013. Tempat Wisata di Banda Aceh. [Online] Tersedia: http:// thearoengbinangproject.com/wisata/wisata-banda-aceh/. (diakses pada tanggal 5 Jan 2014).
Fahmi, Samir. 2011. Tracking Jarak Terpendek Pada Peta Digital Kota Banda Aceh Berbasis Flash. Politeknik Aceh. Proyek Akhir Tidak Terbitkan.
Falakh. 2010. Animasi Flash. [Online]. Tersedia: http://falakh.wordpress.com/ about/animasi-flash/. (diakses pada tanggal 4 Des 2013).
Kasmi, Ferdian, et all. 2012. Analisis dan Perancangan Perangkat Ajar Matematika Untuk Kelas 5 Semester 2 Berbasis Multimedia pada SD Tarakanita 4. Universitas Bina Nusantara Jakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Nasution, Syaiful Hamzah. 2013. Flash Untuk Media Pembelajaran Matematika. Malang.
Prihandito, Aryono. 1988. Proyeksi Peta Aryono Prihandito. Yogyakarta: Kanisius.
Rachmat A dan Alphone R, 2006, Multimedia. [Online] Tersedia: http://www. lecturer.ukdw.ac.id. (diakses pada tanggal 11 Des 2013).
Raisz, Erwin. 1948. General Cartography. New York: Mc Graw Hill Book Companyu Inc.
Wikipedia. 2013. Kota Banda Aceh. [Online] Tersedia: http://id.wikipedia.org/ wiki/Kota_Banda_Aceh. (diakses pada tanggal 4 Des 2013).
Z, Djauhari. 2012. Pembuatan Katalog Multimedia PT. Dunia Barusa Kota Banda Aceh. STMIK UBudiyah Indonesia Banda Aceh. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Zabarnus, Sayed. 2011. Peta Kota Banda Aceh. Politeknik Aceh. Proyek Akhir Tidak Diterbitkan.