SKRIPSI
Judul
HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI MENJADI BIDAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKBID DARUL HUSADA SIGLI TAHUN 2014
Pengarang
Tutun Ayugi
Abstract

Latar Belakang: pada keseluruhan proses pendidikan disekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan paling pokok. Ini berarti berhasil atau tidaknya pencapaian atau tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian Administrasi Akadamik Akbid Darul Husada Sigli sebanyak 407 orang mahasiswa. Tujuan Penelitian: untuk Mengetahui hubungan minat dan motivasi menjadi bidan dengan prestasi belajar pada mahasiswa Akbid Darul Husada Sigli Tahun 2014. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional, jumlah seluruh populasi 407 mahasiswa, sampel 80 orang mahasiswa. Tehnik pengambilan sampel adalah sampel random sampling, data dikumpulkan pada tanggal 28 mei 2014 dengan cara memberikan kuesioner, penelitian telah dilaksanakan di Akbid Darul Husada Sigli Tahun 2014. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubugan minat dengan prestasi belajar Mahasiswa Akbid Darul Husada Sigli Tahun 2014 (p-value =0,004 < ? =0,05) berarti Ha diterima Ho ditolak. Ada hubugan motivasi menjadi bidan dengan prestasi belajar Mahasiswa Akbid Darul Husada Sigli Tahun 2014 (p-value =0,007 < ? =0,05) berarti Ha diterima Ho ditolak Kesimpulan: Ada hubungan minat dengan prestasi belajar Mahasiswa dan ada hubungan minat dengan prestasi belajar Mahasiswa Akbid Darul Husada Sigli Tahun 2014. Saran : diharap kepada seluruh mahasiswa akbid darul husada sigli, agar meningkatkan semangat dan gairah dalam belajar supaya kedepan minat dan motivasi yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang lebih optimal

Keyword

Minat, Motivasi, Prestasi belajar

Tahun Terbit

2014

Referensi

Ahmadi, 2008. Prinsip Dasar Dalam Pembelajaran. Pustaka Esa Jakarta
Anwar, 2009. Prinsip- prinsip Kesehatan.Binarupa Aksara, Jakarta
_____, 2010. Metode Penelitian.Pustaka pelajar. Yogyakarta
Arikunto, 1990. Prosedur Ppenelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rhineka Cipta, Jakarta.
______, 2003. Dasar- dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Bumi Aksara Jakarta
Budiarto E, 2001. Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta:
Daud, 2005. Evaluasi pembelajaran, Sangung Seto. Jakarta
Depkes`RI. 2002. Garis-garis Besar Program Pengajara D-III Kebidanan. Jakarta
Depdiknas, 2002. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Dimyanti dan Mujiono, 2009. Belajar dan pembelajaran, Rhineka Cipta, Jakarta
Djamarah, 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta
_____, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rhineka Cipta
Gagne dalam Djamarah, 2002. Metode pembelajaran. Fitramaya.Jakarta
Hamzah, 2009. Model pembelajar menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta : Bumi Aksara
Hardjana, 2004. Faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Sagung Seto. Jakarta
Hidayat A, 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Kartono, 2005. Psikologis Remaja. Rosda Karya Remaja. Jakarta
Maslow, Abraham H. 1970. Motivation And Personality. Second edition. Harper and Row Publisher : New York
Nasution dkk, 2002. Belajar dan pembelajaran, Bumi Aksara. Jakarta

Baca Online
XML Dokumen



© Universitas Ubudiyah Indonesia 2025