Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifkah sistem pengawasan kredit pada PT. BPR Berlian Global Aceh dan untuk mengetahui apakah Bank Perkreditan Rakyat ini termasuk dalam katagori baik/sehat berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan dalam bentuk studi kasus dengan mendatangi objek penelitian yaitu PT. BPR Berlian Global Aceh. Teknik analisis yaitu deskriptif kuantitatif dengan membandingkan studi kasus yang diteliti memiliki kemiripan dengan latar belakang teoritis. Adapun jenis data yang digunakan untuk menganalisis tingkat efektif pengawasan kredit yang berdampak terhadap Non Performing loan yaitu daftar kolektibilitas kredit tahun 2010 sampai dengan 2012. Dari hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa, pelaksanaan sistem pengawasan pemberian kredit pada PT. BPR Berlian Global Aceh belum efektif, ini dapat dibuktikan dengan tingkat ratio NPL yang menunjukkan bahwa PT. BPR Berlian Global Aceh berada dalam kualitas yang sangat buruk (tidak sehat) yaitu 4,63% per 31 Desember 2010, 7,55% per 31 Desember 2011, dan 12,96% per 31 Desember 2012. Hal ini tidak sesuai dengan Surat Edaran BI No. SE No.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004 yang menyatakan bahwa tingkat ratio NPL yang baik apabila kurang dari 5%.
Sistem, Pengawasan Kredit, Non Performing Loan
2013
Rivai,. et all. 2006. Credit Management handbook: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan Nasabah. Jakarta : Rajawali Pers
Kasmir, 2003. Manajemen Perbankan: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2011. Dasar Dasar Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers
Tjoekam, M. 1999. Perkreditan Bisnis Inti Bank Komersil: Konsep, Teknik & Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tjoekam, M. 1998. Bisnis Inti Bank Komersial. Jakarta : Pustaka Utama
Soepramono, G. 2009. Perbankan dan Masalah Kredit: Suatu Tinjauan di Bidang Yudiritis. Jakarta: Rineka Cipta
Hasibuan, Malayu, 2001. Dasar-Dasar Perbankan: Edisi Pertama. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mcleod,. et all. 2004. Sistem Informasi Manajeme:Edisi Kedelapan. Jakarta: PT. Intermasa
Abdullah, F. 2005. Manajemen Perbanka: Cetakan Ketiga. Malang: UUM Press
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis:Cetakan Kesembilan. Bandung: CV. Alfabeta
Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan, Bank Indonesia, 2001. Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI). Revisi 2001. Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
Eko Hadinur Cahyo. 2012. Analisis Deskriptif Juga Ampuh. [Online] Tersedia: http://id.shvoong.com/exact-sciences/statistics/2259090-analisis-deskriptif- juga-ampuh/#ixzz2Soq0Ugpk. [06 Mei 2013]
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. [Online] Tersedia: http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_10_98.htm. [05 Mei 2013]
www.bi.go.id [Online] Tersedia. [06 Mai 2013]
Bank dalam Pengawasan Khusus. [Online] Tersedia: http://www.bi.go.id/web/id/Perbankan/Bank+dalam+Pengawasan+Khusus/ [15 Juli 2013]
Laporan Keuangan Publikasi Bank. [Online] Tersedia: http://www.bi.go.id/biweb/Templates/Statistik/New_LaporanBPR.aspx [17 Juli 2013]