Keberadaan teknologi multimedia merupakan hasil dari kemajuan teknologi komputer dan perangkat lunak. Pemanfaatan teknologi multimedia sebagai penunjang sarana pembelajaran yang dapat menampilkan suara dan gambar yang beranimasi dengan jelas serta dikemas dengan tampilan yang menarik dapat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, penulis mencoba membuat media permainan yang unik dan menarik untuk melatih kecepatan tangan dalam bermain, penyajian yang menarik dengan teknologi komputer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatih kecepatan tangan dan menuntut kecepatan dan ketepatan di dalam bermain. Hasil dari perancangan media permainan dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash MX dan disertai dengan perangkat lunak Adobe PhotoShop CS 6 untuk mendesain beberapa bagian atau Objek penting di dalam permainan G1 Force. Adapun demikian Actionscript 2.0. sangatlah berperan didalam permainan ini, dimana Aplikasi ini menghasilkan beberapa Objek di dalam permainan seperti Pesawat Pahlawan, Pesawat Musuh, Rudal beserta Ledakan. Agar dapat mengontrol permainan ini dengan baik ada beberapa tombol yang merupakan tombol input supaya permainan ini dapat dikendalikan, diantaranya Tombol Ctr, Tombol panah atas, Tombol panah bawah, Tombol panah kiri dan tombol panah kanan.
Multimedia, Flash MX, Actionscript, Media Permainan
2014
Binanto, I. 2010. Multimedia Digital : Dasar Teori + Pengembangan edisi Pertama. Yogyakarta : Andy Publisher.
Chong, A. 2008. Basic Animation: Digital Animation Edisi Pertama. Ava Publising.
Mahmuda, R., 2011. Sejarah Game, [online], (http://lordbede.blogspot.com /2011/04/sejarah-game.html, diakses tanggal 10 Oktober 2011)
Wahana. 2011. Panduan Aplikatif dan Solusi Adobe Flash Untuk Membuat Animasi Kartun - edisi Pertama. Yogyakarta : Andy Publisher.
WartaWarga. January 21st, 2010. Teori Permainan [Online] tersedia : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/teori-permainan-game-theory/