ABSTRAK HUBUNGAN KEPUASAAN IBU HAMIL PADA PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS SANGKALAN KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2017 Isnawati¹, Arlayda² xiv+ 67 halaman, 8 tabel, 2 gambar, 9 lampiran Latar belakang: Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya, jadi tingkat kepuasan pasien merupakan kinerja atau keterampilan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat atau bidan yang dirasakan oleh pasien disesuaikan dengan harapannya. bulan Januari 2016 sampai dengan Desember 2016 sebanyak 147 orang, diketahui bahwa cakupan kunjungan ibu hamil K1 di Puskesmas Sangkalan pada tahun 2016 , sebanyak 129 (87%) orang dan kunjungan ibu hamil K4 mencapai 115 (78%) yang melakukan ANC sebanyak 28 orang perbulan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan kepuasaan ibu hamil pada pelayanan Antenatal Care (ANC) dengan motivasi melakukan Antenatal Care di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2017. Metode Penelitian: bersifat Analitik dengan desain crossectional,responden penelitian ini semua ibu hamil yang berkunjung di Puskesmas Sangkalan kecamatan susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan jumlah populasi 147 orang, pengambilan sampel secara Purposive Sampling, penentuan sampel dilakukan dengan memakai rumus slovin dengan jumlah sampel 60 responden, penelitian dilakukan pada tanggal 8 Mei s/d 19 Mei 2017, uji statistik menggunakan chi-square test. Hasil Penelitian: dari 60 responden yang motivasi melakukan ANC sebanyak 34 (56,6%), yang melakukan prosedur pelayanan tidak sesuai sebanyak 33 (55%), petugas pelayanan yang baik sebanyak 27 (45%), kenyamanan lingkungan yang nyaman sebanyak 33 (55%). Kesimpulan dan Saran: ada hubungan prosedur pelayanan dengan motivasi melakukan ante natal care dengan hasil uji statistik p = 0, 028 (p < 0,05), tidak ada hubungan petugas pelayanan dengan motivasi melakukan ante natal care dengan hasil uji statistik p = 1,000 (p > 0,05), ada hubungan kenyamanan lingkungan dengan motivasi melakukan ante natal care dengan hasil uji statistik p = 0, 047 ( p < 0,05). Diharapkan pihak puskesmas untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan agar ibu hamil mendapatkan kepuasaan dalam melakukan ante natal care (ANC)
Kata Kunci: Motivasi melakukan ANC, Prosedur pelayanan , petugas pelayanan, kenyamanan lingkungan, ibu hamil
2017
DAFTAR PUSTAKA
Anastance Lohoraung., (2010). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (Anc) Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Karanganyar Kabupaten Purbalingga.
Atik Purwandari (2012). Hubungan Motivasi antenatal care dengan petugas pelayanan ibu hamil di puskesmas kombos kecamatan singkil kota manado
Andersen, 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga University Press. Surabaya
------------, 2011, Dasar-Dasar Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
------------, 2014, Motivasi dan Pengukuran Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
-----------, 2012. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak. Bina Kesehatan Masyarakat. Jakarta
Aureliya Hutaqaol, 2014, Hubungan Motivasi Suami Pada Ibu Hamil terhadap pemeriksaan kehamilan di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan.htt:/www.aureliya.com/diakses tanggal {05 maret 2017}.
Azwar, 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan, Jakarta, Binarupa,Aksara.
--------, 2012, Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. Pustaka Pelajar.Yogyakarta
--------, 2014. Pengukuran Motivasi. Jakarta: EGC
Budiastuti, 2011, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Medika.
-------------, 2012, Biostatistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
----------------, 2014. Buku Dukungan dan Motivasi. Jakarta: EGC
Budiarto., (2011). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Medika.
Departemen Kesehatan R.I. 2010. Pedoman Perencanaan dan Penganggaran Kesehatan Terpadu. Jakarta: Depkes RI.
--------------, 2012. Hubungan Dukungan Suami Pada Ibu Hamil dengan Kunjungan ANC di Rumah Bersalin Bhakti IBI Jl. Sendangguwo Baru V no 44 V Kota Semarang, Jurnal, Universitas Muhammadiyah, Semarang. htt;//www.repository.unmuha.semarang.ac.id. Diakses tanggal {11 januari 2017}.
................., 2014. Asuhan Kebidanan Antenatal. Jakarta : EGC
Fraser., (2010). Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal YBS -SP. Jakarta.
Gadys dan Delbina., (2010). Pemanfaatan Antenatal Care (ANC). Jakarta: EGC.
Gerson ., (2014). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI-Press.
............, (2009). Hubungan Paritas Ibu dengan Kepatuhan dalam Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Bidan Praktek Swasta Nur Asiyah Desa Kalirejo Kec. Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo Ungaran. htt;// www.gerson.blogspot.com.diakses tanggal {02maret 2017}
Haffizurrachman., (2010). Analisa Data Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Jakarta.
Hamalik., (2012). Manajemen Kualitas, Yayasan Indonesia Emas dan Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Handayani, Rika., (2011). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia
Henderson., (2010). Motivasi dan Pengukuran Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hardywinoto (2012). Dasar-Dasar Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
Haryanti., (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lengkapi dengan Perilaku Organisasi Teori dan Penerapan. Bandung:Multazam.
Heriandi., (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herianto, dkk ., ((2011). Hubungan Dukungan Suami terhadap Kepatuhan Periksa Kehamilan di Puskesmas 1 Toroh Kabupaten grobogan.htt;//www.herianto.blogspot.com.diakses tanggal {19 februari 2017}
Jacobalis., (2014). Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta: EGC.
Kusumapraja., (2010). Memahami Fenomena Kepuasaan Pasien Rumah Sakit. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.htt;//www.respiratory.usu.id.com.diakses tanggal {21januari 2017}
Kotler., (2009). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
.........., (2010). Psikologi Untuk Keperawatan, Jakarta:EGC
Lewin., (2014). Mengukur Kepuasaan Pelanggan , PPM, Jakarta.
Lusa., (2014). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta:
Manuaba., ( 2009). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Ida Bagus Gde Manuaba. Jakarta : EGC.
................, (2010). Konsep Obstetri dan Ginekologi Sosial Indonesia. Jakarta: EGC
Marmi., (2011). Prosedur Pelayanan kesehatan, Jakarta, EGC
Made Dewi Puspa Rini Tahun 2008, Hubungan antara pelayanan ANC pada Ibu Hamil dengan Tingkat Kepuasaan pelayanan ANC di Puskesmas Tabanan II Kabupaten Tabanan Bali.htt;//www.rini puspa.blogspot.com.diakses tanggal{13februari 2017}.
Mediawati., (2013). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat
Marajabessy., ( 2014). Motivasi Suami terhadap Istri yang Mengalami Abortus di RSU Dr. Pirngadi Medan.htt;//www.respitory.usu.id.com.diakses tanggal {24 maret 2017}.
Mayer., (2012). Pengukuran Motivasi. Jakarta. EGC
Muchtar., (2015). Konsep dan Harapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Mulyadi., (2011). Kepuasan Pasien dalam pelayanan di Puskesmas, Jakarta EGC.
Notoatmodjo, Soekidjo., ( 2010). Promo Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
_____., (2013).Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.
Nurachmah., (2015). Manajemen Pelayanan Prima:mencegah Pembelotan membangun Customer loyalty. Graha. Yogyakarta.
Nursalam. 2013. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika.
Prawiroharjo., (2010). Studi Pemanfaatan Pelayanan Antenatal terhadap Kelainan Kesehatan pada Ibu Hamil. Jakarta. EGC
Robert dan Richard., (2010). Efektifitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah. htt;//www.richart.unmuha makasar.id.com.
Sabarguna., (2012). Kepuasaan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSU Tugurejo Semarang. Tesis. Semarang:UNDIP. htt;//www.sabaguna.blogspot.id.com.diakses tanggal {15 maret 2017}
Saifudin., ( 2015). Sikap Manusia dan Teori Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sardiman., (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya : Airlannga University Press.
SDGs., (2015). Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima
Setiawati dan Darmawan ., (2012). Total Quality Management. Yogyakarta : Andi Offset
Suryawati C., (2012). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Sulistyowati ,Wulansari . (2012), hubungan kualitas pelayanan antenatal care dengan Kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC Di BPRB Fitri griya husada Sewon bantul. htt;//www.wulansari.blogspot.id.com.diakses tanggal {05 april 2017}
Supriyanto., (2011). Instrument Evaluasi Penerapan Standar ASuhan Keperawatan: Depkes RI:Jakarta.
Supranto., (2011). Kepuasan Pasien rumah sakit (tinjauan teorits dan penerapannya pada penelitian). Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.htt;//www.supranto.blogspot.id.com} diakses tanggal {22 april 2017}
Suryawati dkk., (2015). Pemanfaatan Antenatal Care (ANC).
Soejadi., (2014). Faktor-faktor dalam meningkatkan kepuasan pasien di rumah Sakit, http// www//klinis.wordprees//kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan htt;//www.soejadi.blogspot.id.com diakses tanggal 12 desember 2016.
Tjiptoherijanto ., (2013). Service 10 Prinsip Kepuasaan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Utama., (2012). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Wexley dan Yukl., (2010). Panduan Asuhan Kebidanan Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuhamedika.
Widodo., (2015). Prosedur Pelayanan di Rumah Sakit, Yogyakarta Nuhamedika.
Wiknjosastro., (2015). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksebtabilitasnya. Erlangga : PT Gelora Aksara Pratama
Woodside., (2011). Dehabilitation of Leprosy Affected People a Study On Leprosy Affected Beggars. Diakses dari:htt;//www.leprahealthnaction.org. Tanggal akses 10 Desember 2016.
Yuniarti ., (2015). Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Edisi pertama. Cetakan keempat. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo