ABSTRAK HUBUNGAN PELAYANAN PERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH Prima Hariyanto1,Fauziah Andika2 Latar belakang : Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh Tahun 2017 pada 10 orang pengunjung didapat fakta sebagai berikut: Dari 10 orang yang penulis wawancara di Puskesmas Baiturrahman terdapat 4 orang diantaranya menjawab puas terhadap pelayanan perawat di Puskesmas Baiturrahman dan selebihnya 6 orang menjawab kurang puas terhadap pelayanan perawat di Puskesmas Baiturahman Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Baiturrahman Metode penelitian : penelitian ini bersifat kuantitatif mengunakan deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berkunjung di puskesmas baiturrahman, yang berjumlah 85.775 dan memakai rumus slovin di dapatkan sampel berjumlah 99 orang. Pengumpulan data ini diambil pada tanggal 06 Maret 2017. Analisa data menggunakan aplikasi computer Hasil penelitian : Analisa Univariat : kepuasan pasien puas 46 (46,5%) kurang puas 53 (53,5%), kehandalan petugas handal 44 (44,4%) kurang handal 55 (55,6%), pengetahuan bai 40 (40,4%) kurang baik 59 (59,6%), akses terhadap pelayanan tersedia 33 (33,3%) tidak tersedia 66 (66,7%), fasilitas kesehatan lengkap 42 (42,4%) kurang lengkap 57 (57,6%), kenyamanan nyaman 34 (34,3%) kurang nyaman 65 (65,7%) Analisa Bivariat : hubungan kepuasan pasien dengan akses terhadap pelayanan di dengan 0.008 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan fasilitas pelayanan dengan 0.042 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan kehandalan petugas dengan 0.040 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan kenyamanan dengan 0.016 < α = 0.05, hubungan kepuasan pasien dengan pengetahuan dengan 0.015 < α = 0.05. Kesimpulan : ada hubungan antara kepuasan pasien dengan akses terhadap pelayanan, ada hubungan antara kepuasan pasien dengan fasilitas pelayanan, ada hubungan antara kepuasan pasien dengan kehandalan petugas, ada hubungan anatara kepuasan pasien dengan kenyamanan, ada anatara kepuasan pasien dengan pengetahuan dengan.
Kata kunci : kepuasan pasien, mutu pelayanan
2017
DAFTAR PUSTAKA
Amiruddin, Eka Endriana., 2011. Pengaruh Perilaku Pasien Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Jurnal.
Aprilia, Endang hajat., 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Jurnal.
Alfiati, Yenni., 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Poli Obsgyn Di RSUD Banjarnegara. Jurnal.
Fitri, Adelina., 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Skit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal
Hafizurrachman. 2009. Administrasi Kebijakan Kesehatan. Kepuasan Pasien Dan Kunjungan Rumah Sakit. Jurnal.
Hamidiyah, Azizatul., 2013. Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Umum rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tanggerang Selatan Tahun 2013. Jurnal.
Hartini, Sri., 2012. Pengaruh Tarif Rawat Inap, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Di RSU Jati Husada Karanganyar. Jurnal.
Hardjodisastro, Daldiyono., 2006. Menuju Seni Ilmu Kedokteran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Irfianti, Asti Dwi., 2008. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Kunjungan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal.
Jahid, Halimah., 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas Pada Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal.
Khairani, Laila., 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi kepuasa Pasien Rawat Jalan RSUD Pasaman Barat. Jurnal.
Karyati, Sri Berdi., 2006. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri Dan Ginekologi Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2006. Jurnal.
Mubin, Lia Farihul., 2012. Prediksi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode Genetic Fuzzy Systems studi kasus : Rumah Sakit Usada Sidoarjo. Jurnal.
Maulana. 2007. Promosi Kesehatan. Jakarta. Kedokteran EGC.
Nonutu, Prissy Thalia., 2015. Hubungan Jumlah Kunjungan Pasien Dengan Ketepatan Pelaksanaan Triase Di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof.Dr.R. Kandou Manado. Jurnal.
Nurlianti, Dewi., 2014. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pantura M.A Sentot Patrol Kabupaten Indramayu Tahun 2014. Jurnal.
Oktariany, Nina., 2009. Hubungan Antara Brand Image Dengan Minat Pasien Untuk Berobat Di Poliklinik Anak Rumah Skit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal.
Prastiwi, Niken Ellya., 2008. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007. Jurnal.
PMK RI. 2008., Peraturan Amentri Kesehatan Republik Indonesia No. 290/MENKES/PER/III/2008. Tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran.
Pohan, Imbalo S., 2004. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Penegrtian Dan Penerapan. Jakarta : EGC 1643
Permana, Setya Indra., 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majenang. Jurnal.
Riskesdas., 2013. Riset Kesehatan Dasar Nasional.
Rosmawati. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Bhakti Kartini. Jurnal.
Saragih, Rosita., 2010. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal
Suhendro, Angeline dewi., 2007. Faktor-Faktor Yang berhubungan Dengan Minat kunjungan Ulang Pelayanan Antenatal Di Poliklinik Kebidanan RS Islam Sunan kudus. Jurnal.
Sioh, Rivan S., 2014. Hubungan Antara Karakteristik Pasien Dan Faktor-Faktor Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkata Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tombulu Kecamatan Tombulu. Jurnal.
Wilantara, Irchas Eko., 2015. Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Pada Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) Di Kota Banda Lampung. Jurnal.