ABSTRAK HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI UNIT PELAYANAN TEHNIK DINAS PUSKESMAS COT BA’U KOTA SABANG Sasmiyanti1, Rahmayani2 Latar Belakang : Dari wawancara awal yang penulis lakukan kepada 10 orang pasien yang dating berkunjung ke Puskesmas Cot Ba’u didapatkan bahwa 6 orang diantaranya masih belum puas dengan fasilitas, dan pelayanan yang diberikan. Dan mereka masih kurang nyaman dengan situasi di puskesmas tersebut. Sedangkan 4 orang lainnya mengatakan sudah puas dengan pelayanan yang diberikan, dan tidak mau berkomentar banyak terhadap fasilitas dan sarana di puskesmas tersebut. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di puskesmas Cot Ba’u kota Sabang. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Cot Ba’u Kota Sabang pada bulan Januari – April 2017 yang berjumlah 4902 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Analisa data menggunakan SPSS for Windows versi 16. Hasil Penelitian : dari hasil penelitian diketahui bahwa dari 98 responden yang diteliti, ada 67 orang (68,3%) mempunyai reliability yang tinggi. ada 65 orang (66,3%) mempunyai tangible yang tinggi, ada 56 orang (57,1%) mempunyai responsiviness yang tinggi. ada 54 orang (55,1%) menyatakan puas terhadap pelayanan di puskesmas cot ba’u. Kesimpulan : ada hubungan reliability, tangible dan responsivines dengan kepuasan pasien di Puskesmas Cot Ba’u. Perlu peningkatan pelayanan petugas kesehatan di Puskesmas untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pasien. Dan Perlu penelitian lebih lanjut untuk menggali lebih dalam tentang seberapa jauh kepuasan responden dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. .
Kata Kunci : Mutu pelayanan, kepuasan pasien
2017
DAFTAR PUSTAKA
Adisasmito, Wiku. 2009. Sistem mamajemen lingkunga rumah sakit jakarta: penerbit PT. rajagrafindo
Agus Hufron dkk. 2008. Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di puskesmas Penumping Kota Surakarta. Berita Ilmu Keperawatan ISSN 1979-2697, Vol. 1 No.3, September 2008 :119-124
Andi Yeni, 2012. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Daeng Radja.Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Hasanudin Makassa).
Al-assaf,A.F. 2009.Mutu pelayanan kesehatan.jakarta : penerbit buku kedokteran EGC
Azwar, Azrul, H. 2006. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta : Binarupa Aksara
Bustami. 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Erwin. 2014. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan Jakarta Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Hertiana,siska. 2009.Analisiss Harapan dan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan dengan metode IPA di Puskesmas Kastasura II Tahun 2009.Sumber :http://etd.eprints.ums.ac.id/4018/I/J410070071.pdfTanggal akses 13 Juni 2017.
Hilal, ariadi.2005. Persepsi Pasien terhadap mutu pelayanan dokter ditinjau dari karakteristik dan mutu pelayanan dokter di instalasu rawat jalan RSI Sunan Kudus Tahun 2005.Tesis Magister Program Pasca Sarjana. Universitas Diponegoro Semarang.
Muninjaya, Gde. 2011. Manajemen Kesehatan, Penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.
Mukti, Yunestri Wibawani, Hamzah, Asiah dan Norong, Mappeaty. 2013. Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu.Jurnal AKK. Vol.2 No.3. diakses tanggal 13 Juni 2017.
Nita. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan dan Minat Kunjungan Ulang Pasien di RSGM Kota Jember. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Jember. Diakses tanggal 14 Juni 2017.
Pohan S, 2006, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Blanc. Jakarta. Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Supranto J, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta
Sarah.2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap.Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Vol.8 No.2. Diakses tanggal 14 Juni 2017.
Tjiptono, Fandy. Gregorius Candra, 2005, Service Quality dan Satisfaction. Edisi I. Yogyakarta