JURNAL
Judul
MEDIA EDUKASI PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS AUGMENTED REALITY DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Gilang Algassany
Abstract

Rambu lalu lintas dapat memberikan informasi dan petunjuk yang jelas kepada pengendara dan pejalan kaki mengenai apa yang seharusnya dilakukan di jalan raya. Pemanfaatan teknologi yang masih belum efektif sehingga Masyarakat tidak tertarik untuk mempelajari rambu – rambu lalu lintas. Dinas Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) memiliki peran integral dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap rambu lalu lintas.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan, menyusun, menjelaskan data untuk suatu tujuan pengembangan Media Edukasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Augmented Reality. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi media edukasi rambu lalu lintas berbasis augmented reality pada dishub llaj kota Banda AcehPenerapan aplikasi Augmented Reality Rambu Lalu Lintas dapat menjadi inovasi baru dalam mengedukasi masyarakat untuk mempelajari dan memahami rambu serta apa itu augmented reality.Media Edukasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Augmented Reality Di Kota Banda Aceh berhasil menampilkan objek dan animasi 3D berfungsi dengan baik untuk empat jenis rambu lalu lintas.

Keyword

Rambu Lalu Lintas, Media, Edukasi, Augmented Reality, Android.

Tahun Terbit

2024

Referensi

Adobe. “What Is Clay Animation and How Do I Do It?” https://www.adobe.com/creativecloud/animation/discover/claymation.html.
Chairatin Nisaa’. 2022. “AUGMENTED REALITY SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK SEBAGAI MEDIA EDUKASI HANDMADE DARI BARANG BEKAS BERBASIS ANDROID.” Chairatin Nisaa’: 84.
Defi, An Nuur, and Delsina Faiza. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 9(2): 112.
Dwi Gotama, Jhana, Yusra Fernando, and Donaya Pasha. 2021. “Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) 2(1): 28–38. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika.
Erdiantama, Rizki Azandika, and Hafid Setyo Hadi. 2021. “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Untuk Pemodelan Halte Bus Berbasis Android.” Jurnal Multi Media dan IT 5(1): 1–7.
Haris Munandhar. 2018. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android.” : 0–18.
Herianto. 2023. “Jumlah Kendaraan Baru Di Aceh Tiap Tahun Capai 100.000 Unit Lebih, Penerimaan Pajak Hampir Rp 1 T.” https://aceh.tribunnews.com/2023/01/11/jumlah-kendaraan-baru-di-aceh-tiap-tahun-capai-100000-unit-lebih-penerimaan-pajak-hampir-rp-1-t.
M Yusril Helmi Setyawan, Aip Suprapto Munari. 2020. M Yusril Helmi Setyawan, Aip Suprapto Munari Panduan Lengkap Membangun Sistem Monitoring Kinerja Mahasiswa Internship Berbasis Web Dan Global Positioning System. ed. M.Helmi Setyawan Yusril. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Nana, Darna, and Herlina Elin. 2018. “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen.” Jurnal Ilmu Manajemen 5(1): 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359.
Pamoedji A, Maryuni, Sanjaya R. 2017. “Buku Membuat Game AR Dan VR.Pdf.”
Pramana, Yudha Akbar, Komang Candra Brata, and Adam Hendra Brata. 2018. “Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Benda Di Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi).” urnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2(5): 2034–42. http://j-ptiik.ub.ac.id.
Raphael, JR. 2023. “Android Versions : A Living History from 1.0 to 11.” https://www.computerworld.com/article/3235946/android-versions-a-living-history-from-1-0-to-today.html.
Rifky, Nando. 2022. “Mengenal Apa Itu Animasi 3D Serta Cara Pembuatannya.” Retizen Republika Blogger. https://retizen.republika.co.id/posts/16468/mengenal-apa-itu-animasi-3d-serta-cara-pembuatannya (May 1, 2023).
Sabilillah, Muhammad Arka Syah. 2018. “Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang 2(2): 1–6.

Baca Online
XML Dokumen



© Universitas Ubudiyah Indonesia 2025