SKRIPSI
Judul
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DI PUSKESMAS SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Amna Yusra
Abstract

Latar Belakang : Beberapa pasein terhadap pelayanan di puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2014 diketahui bahwa masih ada masyarakat yang mengeluh atau tidak puas terhadap kinerja petugas khususnya tenaga bidan. Kinerja bidan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya reward (imbalan yang setimpal), punishment, umur, sikap, kondisi tugas dan mitra kerja Tujuan penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja Bidan di Puskesmas Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar.Metode penelitian: penelitian ini bersifat analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 54 orang bidan yang bertugas di Puskesmas Sukamakmur dengan sampel yang digunakan adalah total populasi yaitu 54 orang. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariate. Hasil Penelitian: Hasil uji chi square menunjukkan 35 responden dengan kriteria umur dewasa terdapat (68,6%) responden berada pada kategori kinerja baik dengan nilai p=value 0,020. Reward dari 31 responden yang pernah mendapatkan imbalan langsung terdapat (71%) responden pada kategori kinerja baik, dengan nilai p=value 0,018, sikap dari 29 responden yang memiliki sikap positif terdapat (72,4) dengan kinerja baik dengan nilai p-value 0,016Kesimpulan: Saran Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan umur, reward dan sikap dengan kinerja bidan Saran : Diharapkan Bagi bidan di puskesmas Sukamakmur kabupaten Aceh Besar, semoga penelitian ini dapat menjadi masukan untuk dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat.

Keyword

Umur, Reward, Sikap Dengan Kinerja Bidan

Tahun Terbit

2016

Referensi

Darma. Rahodi. 2005. Manajemen Kinerja. Jakarta: Grafindo pers
Endah. Septiani. 2011. Buku Saku Bidan. Yokyakarta: Andi offset
Fatah, Nanang. 2007. Pengembangan Mutu Pegawai. Jakarta: Rineka Cipta
Handoko, 2008. Pemberdayaan Staf. Bandung: Cita Pustaka
Hayadi dan Kristiani. 2007. Mutu dan Kinerja. Solo: Tiga Serangkai
Husaini, 2009.Manajemen. Teori dan Praktik. Bandung: Alphabetha
Jumadi. 2005. Metode Rekrutmen Karyawan. Jakarta: Pustaka Asih
Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 369/Menkes/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Bidan
Kulas, ElsaIvi. 2012.AnalisisFaktorfaktor yang mempengaruhikinerjabidandala mPelayanan Antenatal Terpadu di Puskesmas Kota Manado. Online dalam library uns.ac.id
Mangkunegara. 2010. Penilaian Kinerja Staf. Jakarta: Balai Pustaka
Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat.
Madura, Slamet. 2001. Manajemen Organisasi. Jakarta: Oasis
Nursalam. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan, Jakarta : Sagung Seto
Notoatmodjo,Soekodjo, 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Kesehatan. Penerbit Andi Offset : Yogyakarta.
Prihadi. 2004. Perencanaan Kinerja. Surabaya: Penerbit Lintas
Sugiono, 2011. Manajemen Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alphabetha
Sumamur, 2003. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Susilawati. 2008. Hubungan reward dan Punishment terhadapmotivasidankinerjapeg awaipadainstansiDinasKesehat an Kota Tarakan. SkripsipadaFakultasKesehatan MasyarakatUniversitasLambung Mangkurat. Online PDF File
Yunus. M. 2001. KamusBesarBahasa Indonesia,Jakarta: BalaiPustaka

Baca Online
XML Dokumen



© Universitas Ubudiyah Indonesia 2025