Latar Belakang: Tinggi rendahnya prestasi yang dapat dicapai seseorang dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana faktor-faktor tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya. Prestasi belajar adalah istilah yang menunjukkan suatu derajat keberhasilan seseorang dalam proses belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dari hasil pengamatan evaluasi belajar, mahasiswi yang mengikuti ujian perbaikan pada semester pendek tiap mata kuliah cukup banyak, hal ini menunjukkan rendahnya prestasi belajar mereka. Dari data yang didapat, tingkat pendapatan (ekonomi keluarga) sebagian besar mahasiswi berada diatas standar UMP (1300.000), dengan tingkat motivasi dan minat yang tinggi dalam belajar. Untuk mengukur prestasi belajar setiap mahasiswi dapat dilihat dari hasil ujian final. IP rata-rata STIKes U’budiyah tahun 2009/2010 adalah 2,85 dari 780 mahasiswi dengan IPK rata-rata 2,97 dari 780 mahasiswi. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat III program studi Diploma III kebidanan STIKes U’budiyah Banda Aceh tahun 2010. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat analitik dengan rancangan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat III kebidanan yang berjumlah 110 orang dengan pengambilan sampel yaitu sebagian dari mahasiswi yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 november s/d 15 desember 2010. Selanjutnya data dianalisa secara univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian terhadap 31 responden, sebanyak 64,5% mahasiswi dengan motivasi belajar yang tinggi, 67,7% mahasiswi dengan minat belajar yang tinggi, 74,2% mahasiswi dengan tingkat ekonomi keluarga yang tinggi dan 61,3% mahasiswi dengan prestasi yang tinggi dan hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara variabel penelitian dengan nilai ?=0,05 dan motivasi (p=0,044), minat (p=0,004), dan ekonomi keluarga (p=0,043). Kesimpulan dan Saran: dari semua variabel yang diteliti dapat disimpulkan adanya hubungan antara motivasi, minat, dan ekonomi keluarga dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat III Program Studi Diploma III kebidanan U’budiyah. Dan akhirnya diharapkan kepada mahasiswi dapat meningkatkan prestasi belajar serta kepada para konselor atau pengajar dapat membina hubungan baik dengan mahasiswi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Prestasi belajar, motivasi, minat dan ekonomi keluarga
2010
Asmawi Zainul & Noehi Nasution. 1997. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Bramastuti Novia, 2009. Pengaruh Prestasi Sekolah dan Tingkat pendapatan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Berwiraswasta Siswa SMK Bakti Oetama Gondangrejo Karanganyar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://Prestasi sekolah.com/2009. Diakses januari 2011.
Budiarto, Eko. 2001. Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC
Djiwandono, Sri E W.2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Grahacendikia.2008. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.http://Grahacendikia.Wordpress.com/2008. Dikutip juni 2010.
Hamalik. 2002. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Maftukhah, 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar siswa SMPN Randudongkal Kabupaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. http:// Sosial Ekonomi Keluarga.com/ 2007. Diakses januari 2011.
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Nurkholis, Agus.2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Dikutip juni 2010.
P. Irawan,dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Sisdiknas. 2003. UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
S. Nasution. 1997. Teknik Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata. 2004 . Psikologi Pendidikan. P.T. Grapindo Persada : Jakarta.
Sunartombs. 2009. Pengertian Prestasi Belajar .http://Wordpress.com/2009. Dikutip 12 juli 2010.
Uno, Hamzah B.2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Winkel,WS. 1994. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.