SKRIPSI
Judul
PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIMULASI PROSES KONDENSASI PADA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI SMAN 2 BANDA ACEH
Pengarang
Ely Gustinawati
Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan dalam mendukung pembelajaran disekolah. Pada umumnya pembelajaran dikelas masih menggunakan metode ceramah dimana guru sebagai subjek utama dalam proses belajar mengajar sehingga siswa kurang efektif didalamnya bila digunakan terus menerus dirasa menjemukan atau membosankan dikarnakan menonton dan kurang interaktif. Permasalahan yang diteliti ini adalah bagaimana membuat pembelajaran interaktif simulasi proses kondensasi pada pelajaran geografi yang menarik dan mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana proses terjadinya kondensasi secara pembelajaran interaktif (2) menghasilkan aplikasi pembelajaran interaktif yang menarik dan mudah dipahami dengan menggunakan macromedia flash (3) memberi pengetahuan lebih tentang proses kondensasi pada pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan konsep SDCL (System Development Life Cycle) dengan pendekatan Waterfall Model meliputi (perencanaan sistem, analisa kebutuhan sistem, perancangan dan implementasi). Metode yang digunakan dalam tahapan analisis adalah Metode Observasi yaitu pengamatan langsung pada objek penelitian di SMAN 2 Banda Aceh dan Metode Literatur yaitu metode dengan mengumpulkan data dari buku – buku dan kepustakaan lainnya yang mendukung penyusunan tugas akhir. Pembelajaran interaktif ini dibuat berdasarkan kurikulum 2013 dan silabus pelajaran geografi untuk kelas X. Aplikasi pembelajaran interaktif ini menggunakan bahasa pemograman action script, pengguna dapat memilih menu form yang tersedia berupa kata pengantar, materi proses kondensasi, simulasi kondensasi, evaluasi dan referensi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan adanya pembelajaran interaktif ini maka proses penyampaian suatu informasi akan lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti dibandingkan menggunakan lisan ataupun tulisan.

Keyword

pembelajaran interaktif, proses kondensasi, macromedia flash

Tahun Terbit

2014

Referensi

Anita, S (2007), Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Arif, Sadiman (2009), Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Candra (2006), Flash Profesional 8 Untuk Orang Awam. Jakarta : Maxindo.
Latuheru, Jhon. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Madcoms (2006), Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash 8. Jogjakarta : Andi Ofset
Saifuddin, U (2005), Perencanaan Pendedikan Pendekatan Komprehensif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suharyono (1990), Geografi Dalam Dunia Ilmu Dan Pengajaran Sekolah. Semarang : Ikip Semarang Press
Yusman, H (2006), Geografi Sma Kelas X. Jakarta: Yudhistira.

Baca Online
XML Dokumen



© Universitas Ubudiyah Indonesia 2025